Info Sekolah
Rabu, 20 Okt 2021
  • Selamat Hari Kesaktian Pancasila

PENERIMAAN TAMU AMBALAN TAHUN 2019

Diterbitkan : - Kategori : Uncategorized

Gilireng, Jumat (06/09/19) Menjadi penegak jauh berbeda dengan saat kita menikmati dunia Pramuka Penggalang. Saat kita berada di jenjang Pramuka penggalang, kita dibina dengan mekanisme pembinaan yang bertumpu pada kecakapan pembina dan instruktur dilapangan, yang dengan kata lain kenikmatan dan manfaat menjadi Pramuka penggalang di gugusdepan sangat tergantung pada pembina. Mulai dari perencanaan pelatihan, pemilihan lokasi dan bentuk kegiatan, dinamika perkemahan hingga hidupan warga pasukan penggalang tidak bisa dilepas dari kemampuan pembina untuk melakukan “intervensi” pembinaan mental dan watak binaannya. Pramuka Penggalang mengacu pada buku “Scouting For Boys” nya Baden Powell.. didalam buku itu di jelaskan beragam aktifitas di alam terbuka dan ketrampilan hidup di alam.
Sedangkan dalam dunia penegak…..
Penegak dituntut untuk mampu melakukan proses pembinaan dirinya secara mandiri dengan pendampingan dari orang dewasa (pembina). Berproses dari satuan terkecil di ambalan yang bernama sangga dan wadah pembinaan pramuka penegak yang bernama ambalan dengan segala variabelnya. Dunia penegak adalah dunia awal pencarian jatidiri yang penuh kejutan, kreatifitas dan tantangan nyata menuju pembekalan diri dalam menghadapi realita kehidupan. Pramuka penegak memiliki kesenangan sekaligus kewajiban yang melekat dalam satu tarikan nafas. Penegak berarti menjadi tegak, menjadi diri sendiri dan berproses untuk terlibat dalam membangun masyarakat. Penegak memiliki 3 orientasi bina yang tak lepas dalam setiap proses nya. Bina diri, bina satuan dan bina masyarakat.
Pramuka SMK Negeri 3 Wajo mengadakan kegiatan Penerimaan Tamu Ambalan (PTA). Penerimaan Tamu Ambalan adalah perkemahan yang dilakukan untuk menyambut siswa baru SMK Negeri 3 Wajo, perkemahan ini dilaksanakan di Sekolah selama tiga hari dua malam. Kegiatan dimulai pada hari jum’at siang, kegiatan dibuka dengan upacara pembukaan dengan Bapak Muhammad Jufri, S.T . bertindak sebagai pembina upacara.
Acara Perkemahan Penerimaan Tamu Ambalan ini ditujukan supaya siswa baru SMK Negeri 3 Wajo bisa mengenal Adat Pramuka SMKN 3 Wajo. Dalam kegiatan ini siswa dituntut untuk menjadi siswa yang kreatif dan tangkas, contoh dalam kegiatan ini ada lomba yel-yel. Puncak acara dalam PTA ini adalah saat malam hari yaitu api unggun dan penampilan pentas seni dari masing-masing Gugus. Dalam upacara api unggun yang menjadi pembina adalah Bapak Muhammad Ilyas, S.Pd selaku Wakasek Kesiswaan.
Prosesi Pengukuhan siswa baru untuk menjadi anggota Gugus Depan 03.017-03.018 dengan Dewan Ambalan Lappaddaga dan Cakkuriddie dilaksanakan pada Sabtu Siang pukul 14.00 wita.

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Beri Komentar

Open chat
1
Ada yang bisa kami bantu