Info Sekolah
Rabu, 20 Okt 2021
  • Selamat Hari Kesaktian Pancasila

Pendakian Pertama Sispala Fores SMKN 3 Wajo di Gunung Bulusaraung Kab.Pangkep

Diterbitkan : - Kategori : Uncategorized

Sispala merupakan singkatan dari Siswa Pecinta Alam. Sispala adalah kelompok pecinta alam yang bernaung di setiap sekolah di bawah kepengawasan kepala sekolah atau pun wakil kepala sekolah bidang kesiswaan. Dan ada juga yang berdiri sendiri. Ini semua tergantung kebijakan pengurus masing-masing. Sebagian besar Sispala termasuk organisasi ekstrakurikuler.

Sispala sendiri bukan nama mutlak dari organisasi kepecinta alaman yang ada di setiap sekolah. Sebab tidak sedikit yang menggunakan nama yang telah disepakati oleh pendiri kelompok pecinta alam tersebut. Akan tetapi, secara umum orang sudah paham bahwa setiap organisasi pecinta alam di tingkat sekolah adalah Sispala. Namun di SMK Negeri 3 Wajo Memilik nama lain Sispala yaitu Fores artinya hutan. Sispala di SMK Negeri 3 Wajo baru seumuran jangung namun antusias siswa khusunya anggota sispala Fores melakukan pendakian perdana hari Minggu Tanggal 17 November 2019   di Gunung Bulusaraung  Gunung ini juga masuk ke dalam kawasan Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung yang terkenal sebagai habitat dari berbagai macam jenis kupu-kupu.

Berada di wilayah Desa Tompo Bulu, Kecamatan Balocci, Kabupaten Pangkep, Gunung Bulusaraung menjadi salah satu gunung favorit bagi para pendaki di Sulawesi Selatan. Titik awal pendakian dari gunung ini dapat ditempuh dengan waktu sekitar dua setengah jam dari pusat Kota Makassar. Walaupun ketinggiannya tidak begitu mencolok jika dibandingkan dengan gunung-gunung lainnya di Indonesia, namun mendaki Gunung Bulusaraung bukanlah perihal yang mudah. Sepanjang jalur pendakian menuju puncak gunung ini, dapat dijumpai berbagai macam jenis tumbuhan mulai dari pohon rotan, kemiri, dan juga kelapa. Selain itu, Gunung Bulusaraung menjadi habitat asli beberapa fauna seperti kera hitam, musang, dan berbagai jenis kupu-kupu. Menurut Syarifuddin,S.Pd (Pembina Sispala Fores SMKN 3 Wajo)  pendakian Pertama yang dilakukan oleh anggota Sispala Fores SMK Negeri 3 Wajo untuk meperkenalkan bagaimana caranya mencintai alam dan menjaga alam di sekitar kita dan meperkenalkan jalur menuju puncak Gunung Bulusaraung dipenuhi oleh bebatuan dengan medan yang cukup terjal. Jalur ini tentu akan menguji ketahanan fisik dari para pendaki. Gunung Bulusaraung memiliki sepuluh pos peristirahatan termasuk pos terakhir yang berada di puncak. Pos kesembilan biasanya digunakan sebagai tempat berkemah bagi para pendaki yang ingin menikmati momen matahari terbit di puncak gunung.

Perjalanan dari pos kesembilan menuju puncak Gunung Bulusaraung memakan waktu sekitar tiga puluh menit. Puncak dari Gunung Bulusaraung ditandai dengan adanya pemancar radio milik BTNBB. Dari atas puncak, pendaki dapat menyaksikan pemandangan indah dari hamparan Karst Maros yang menjadi bonus pendakian ke gunung ini.

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Beri Komentar

Open chat
1
Ada yang bisa kami bantu